Memilih Segmen Pasar Yang Efektif

Sebelum menentukan pasar yang akan dituju, pemasar hendaknya melakukan kegiatan segmentasi pasar agar kegiatan pemasarannya menjadi lebih efektif. Namun demikian, kegiatan segmentasi pasar yang kurang tepat justru akan membuat segmentasi tersebut tidak efektif.

Agar kegiatan segmentasi menjadi lebih efektif maka pemasar harus memperhatikan beberapa syarat segmentasi sebagai berikut:

  • Measurability yaitu ukuran, daya beli serta profil segmen yang dituju harus dapat diukur.
  • Accessibility yaitu segmen pasar yang dituju harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  • Substantiability yaitu segmen segmen yang dituju harus besar sehingga mampu memberikan laba yang memadai.
  • Differentiability yaitu segmen tersebut harus dapat dipisahkan secara konseptual dan membelitikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran pemasaran yang berbeda.
  • Actionability yaitu program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen yang dituju tersebut.

Jika segmen yang hendak dituju oleh pemasar mampu memenuhi kelima syarat tersebut maka segmen yang dimaksud sangatlah potensial untuk dimasuki. Oleh karena itu kemungkinan terjadinya kegagalan sangat kecil atau dapat dikatakan bahwa segmen yang dituju memiliki tingkat resiko kegagalan yang sangat minim, sehingga sangat menguntungkan bagi para pemasar mengingat segmen tersebut dapat diukur, dapat diakses, berukuran besar, dapat dibedakan dengan segmen lain serta sangat memungkinkan untuk dilaksanakannya berbagai program pemasaran yang relefan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*