Pentingnya Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini, tuntutan hidup juga semakin tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan yang sangat ketat antara individu yang satu dengan individu lainnya. Layaknya sebuah persaiangan maka hanya individu yang mampu memenangkan persaianganlah yang akan mampu bertahan dan dapat menjalani hidup ini dengan sempurna. Individu yang tidak mampu memenangkan persaingan tentu akan sirna dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu penulis merasa tertarik untuk menyampaikan tulisan tentang pentingnya kreativitas dan Inovasi Dalam bisnis ini

Pentingnya Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis

Pertanyaannya saat ini adalah bagaimana cara untuk memenangkan persaiangan? Salah satu jawabnya tentu mereka harus memiliki kreativitas yang baik. Artinya, mereka harus mampu menciptakan ide dan gagasan baru dalam kehiduannya ini. Pada akhirnya mereka akan mampu keluar dari setiap permasalahan yang mereka hadapi dengan menggunakan ide dan gagasan tersebut.

Dalam hal berbisnis, kreativitas juga memegang peranan penting khususnya dalam upaya menjaga kelangsungan hidup sebuah bisnis. Mengapa demikian? Karena selama menjalankan bisnisnya, biasanya seseorang akan dihadapkan pada berbagai permasalahan baik yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri maupun yang berasal dari luar. Bagi pebisnis yang memiliki kreatifitas tinggi maka ia akan mampu menciptakan berbagai terobosan baru untuk keluar dari setiap permasahalan yang dihadapinya. Sebaliknya bagi pebisnis yang tidak kreatif biasanya mereka akan lebih memilih untuk menutup bisnisnya dibandingkan harus bersusah payah mencari jalan keluar atas permasalahan yang dialami.

Sejalan dengan kreatifitas, inovasi juga memegang peranan yang sangat penting. Memiliki kreatifitas yang luar biasa saja tidaklah cukup bagi seseorang untuk bisa keluar sebagai juara menghadapi setiap permasalahan yang ada. Kreatifitas tersebut akan menjadi bermakna jika diikuti oleh inovasi. Mengapa? Karena kreatifitas tanpa inovasi berarti ide dan gagasan tanpa tindakan. Bisa Anda bayangkan, bagaimana seseorang yang selalu memiliki ide dan gagasan cemerlang namun ia tidak mampu menindaklajutinya menjadi sebuah tindakan yang nyata. Ia hanya akan menjadi manusia NATO (No Action Talk Only), NADO (No Action Dream Only) atau bahkan NACO (No Action Concept Only). Tentu semuanya itu akan menjadi sia-sia belaka.

Mengingat pentingnya kreatifitas dan inovasi tersebut maka pada bab ini secara khusus akan dibahas mengenai apa itu kreatifitas dan inovasi. Harapannya, Anda semua mampu memahami dengan baik kedua hal tersebut dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga Anda akan menjadi orang-orang yang sukses dalam hal apapun termasuk menjadi seorang pebisnis.

PENGERTIAN KREATIFITAS DAN INOVASI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreatifitas berasal dari kata kreatif yang berarti memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan. Adapun inovasi berarti pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Kamus lainnya, Webster menyatakan bahwa kreatifitas adalah kemampuan atau kekuatan untuk menciptakan, sehingga sesuai terjadi, menemukan bentuk baru, menghasilkan sesuatu melalui keahlian imajinasi, menciptakan atau menjadikan sesuatu dari yang sebelumnya belum ada menjadi ada.

Namun demikian beberapa ahli juga menyampaikan beberapa pengertian tentang kreatifitas yang berbeda-beda. Seorang CEO dan pebisnis ternama, John Haefefe menyatakan bahwa kreatifitas adalah kemampuan untuk menciptakan kombinasi-kombinasi yang baru. Seorang pendidik, akademisi dan peneliti tentang kreatifitas, E. Paul Torrance menyatakan bahwa kreatifitas adalah kefasihan, fleksibilitas, orisinalitas dan terkadang kemampuan erabolasi (kemampuan menguraikan dan mengembangkan sesuatu). Roger Von Oech menyakatan bahwa berpikir kreatif mencakup berimajinasi terhadap sesuatu yang sudah dikenal dengan cara brfikir yang berbeda, yang baru, menggali pola-pola yang ada sehingga muncul pola-pola yang baru dan menemukan hubungan fenomena yang tak terkait.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas baik terkait dengan kreatifitas maupun inovasi maka dapat disimpulkan bahwa kreatifitas identik dengan menciptakan sesuatu sedangkan inovasi identik dengan hal-hal baru. Oleh sebab itu maka antara kreatifitas dan inovasi sebenarnya merupakan hal yang berbeda namun dalam kesehariannya kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan.

PENTINGNYA KREATIFITAS DAN INOVASI

Dalam dunia bisnis, kreatifitas dan inovasi memegang peranan yang sangat penting. Tanpa adanya kreatifitas dan inovasi maka sebuah bisnis akan tenggelam seiring berjalannya waktu. Banyak contoh perusahaan yang dahulu sangat berkembang dengan pesat dan bahkan banyak orang beranggapan tidak akan mampu terkalahkan namun karena perusahaan tersebut kalah dalam hal kreatifitas dan inovasi maka dalam waktu sekejap hilang dari pasaran. Contoh yang paling terlihat adalah tergesernya Nokia oleh Blacberry serta hancurnya Blackberry oleh kehadiran Android.

Adanya kreatifitas dan inovasi akan menjamin kelangsungan sebuah bisnis. Ini dikarenakan dengan adanya kreatifitas maka para pelaku bisnis akan senantiasa dituntut untuk selalu berimajinasi hingga mampu menciptakan daya cipta. Adanya daya cipta akan merangsang para pelaku bisnis untuk melahirkan berbagai inovasi yang pada akhirnya akan menjadi sebuah solusi atas berbagai permasalahan maupun tantangan bisnis dimasa yang akan datang. Hanya yang kreatif dan inovatiflah yang akan menjadi pemenang.

Kasus tergesernya Nokia oleh Blackberry sebenarnya hanya dikarenakan keterlambatan Nokia untuk melakukan inovasi dalam bentuk terobosan-terobosan baru atas fitur-fitur yang Nokia miliki saat itu, sehingga dengan sangat mudah Blackberry memanfaatkan kelemahan tersebut. Demikian juga dengan tergesernya Blackberry oleh Android, juga disebabkan karena keterlambatan Blackberry dalam menciptakan kreatifitas dan inovasi sehinggan Android dengan mudah menenggelamkan Blackberry hanya dalam waktu singkat.

CIRI-CIRI KREATIFITAS DAN INOVASI

Di atas telah disampaikan pengertian kreatifitas dan inovasi. Namun pada kenyataannya banyak orang tidak mampu membedakannya dengan baik. Oleh sebab itu perlu dipahami dengan baik tentang ciri-ciri kreatifitas dan inovasi, sehingga setiap orang dapat membedakannya.

Ciri Kreatifitas dan Inovasi

Terdapat beberapa ciri senuah kreatifitas, yang jika diamati secara seksama tentunya ciri tersebut akan terlihat berbeda dengan ciri yang dimiliki oleh inovasi. Secara sederhana ciri-ciri kreatifitas penulis uraikan seperti di bawah ini.

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Kreatifitas biasanya muncul karena adanya suatu masalah sehingga membutuhkan solusi sebagai alternatif pemecahan atas masalah tersebut. Bagi orang yang kreatif maka akan muncul rasa ingin tahu yang tinggi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka dari itu ia akan mencoba mencari banyak solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut karena rasa ingin tahu tersebut pada akhirnya akan mendorong seseorang untuk terus berfikir mencari alternatif solusi hingga ia mendapatkannya.

Memiliki daya imajinasi yang mendalam

Rasa ingin tahu ini pada akhirnya mendorong seseorang untuk secara serius berimajinasi memikirkan rasa ingin tahu tersebut. Terlepas pada akhirnya nanti imajinasi tersebut akan menjadi solusi maupun bukan, namun bagi orang yang kreatif ia akan terus menggali imajinasi-imajinasi baru yang terkadang tidak masuk akal.

Memberikan ide atau gagasan

Khayalan atau imajinasi yang terus berkembang tersebut akan berdampak terhadap munculnya ide atau gagasan-gagasan baru, walaupun sekali lagi penulis katakan bahwa belum tentu ide atau gagasan tersebut sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul. Namun demikian pastilah satu diantara sekian banyak ide atau gagasan yang muncul itu akan menjadi bagian dari solusi yang ada.

Banyak sudut pandang

Sejalan dengan ide atau gagasan yang muncul tentunya seseorang yang kretaif harus mampu melihat segala sesuatunya dari banyak sudut pandang. Hal ini akan membuat orang tersebut mampu lebih banyak memunculkan ide atau gagasan.

Originalitas

Ciri kreatifitas lainnya yang terpenting adalah keaslian (originalitas) atas berbagai ide atau gagasan yang memang muncul karena adanya keinginan untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, bukan karena semata-mata hanya karena  meniru ide atau gagasan yang disampaikan oleh orang lain.

Berbeda dengan kreatifitas, maka inovasi sebenarnya adalah tindak lanjut atas berbagai kreatifitas yang berupa ide atau gagasan tersebut. Inovasi merupakan implementasi atas kreatifitas yang terbentuk. Oleh sebab itu maka inovasi yang baik tentunya memiliki landasan yang kuat dalam pelaksanaannya. Adapun beberapa ciri inovasi dapat penulis sampaikan sebagai berikut:

Spesifik

Inovasi yang baik harusnya bersifat spesifik, sehingga inovasi tersebut akan lebih mudah untuk diaplikasikan. Disamping itu juga harus memiliki ciri khusus, artinya inovasi yang baik harus benar-benar menunjukkan originalitas atas kreatifitas yang telah dibangun sebelumnya. Dengan demikian maka inovasi tersebut bukan bersifat plagiat dari inovasi yang dilakukan orang lain.

Pembaharuan

Selain spesifik, inovasi yang baik juga harusnya bersifat pembaharuan. Artinya inovasi tersebut harus mampu menghasilkan sesuatu yang baru baik baru dalam hal proses maupun baru dalam hal hasil yang dicapai. Ini semua tentunya berkaitan dengan originalitas atas sebuah kreatifitas yang menopang terbentuknya inovasi tersebut.

Terencana

Ciri lainnya adalah terencana, artinya sebuah inovasi tidak boleh berjalan tanpa adanya perencanaan yang matang. Mengapa demikian? Karena sebuah inovasi yang tidak terencana menghasilkan kesia-siaan belaka. Oleh sebab itu sebelum inovasi tersebut dijalankan maka hendaknya seseorang harus mampu menyusun perencaan dengan baik, termasuk memprediksi efek apa yang akan terjadi atas pelaksanaan inovasi tersebut. Dengan demikian maka semuanya akan bisa berjalan dengan baik.

Visioner

Citi keempat sebuah inovasi adalah visioner. Hal ini tentunya berkaitan dengan poin sebelumnya dimana pelaksanaan inovasi harus terencana dengan baik. Guna menghasilkan sebuah perencanaan yang baik maka sebuah inovasi harus bersifat visioner yaitu memiliki tujuan yang jelas jauh kedepan.

Setelah memahami dengan baik pentingnya kreativitas dan Inovasi dalam bisnis ini, maka seseorang hendaknya mampu menyandingkan kedua hal tersebut dengan baik juga. Hal ini karena sebenarnya antara kreatifitas dan inivasi tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya. Seperti telah dikatakan diatas, bahwa kreatifitas tanpa inovasi tiada gunanya, sedangkan inovasi tanpa kreatifitas adalah sebuah ketidakmungkinan. Oleh sebab itu sekali lagi setiap orang harusnya selalu memiliki kedua karakter tersebut secara bersamaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*